Sunday, August 19, 2012

Floral vs Musk ~ which scent must we choose?

Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dari teman-teman: sebenarnya lebih baik mana siy, menggunakan parfum beraroma floral (nuansa bunga) atau yang beraroma musk? Jawaban saya simple: saya ga bisa jawab karena saya suka keduanya! hahahaha....

OK, sebenarnya bisa diterangkan dikiiit.. Parfum beraroma floral adalah salah satu jenis parfum tertua yang pernah ada. Tahu kan, zaman dulu para pembesar kerajaan - baik di Eropa sana atau di Majapahit sini - senang menggunakan parfum beraroma mawar dan melati dengan satu nuansa wangi saja. Hal ini karena biasanya berkilo-kilo kelopak bunga sungguhan disuling hingga didapatkan esens bunga sebanyak beberapa ml saja. Jangan tanya harganya. Dulu mahal, sekarang apalagi, lebih mahal... Parfum beraroma bunga seperti ini lah yang membuat wanita zaman dulu bisa terasa cantik, berkelas dan menggairahkan. Money never sleeps! Karena, sekali lagi, hanya perempuan yang memiliki dana sangat besar lah yang dapat membeli parfum. Akibatnya apa? Para pria mengasosiasikan wangi mawar dan melati serta bunga pada umumnya sebagai wangi yang sensual kecuali kalau tiba-tiba wangi melati di tengah malam dekat kuburan. Wah, boro-boro sensual, lebih baik kabuuur... Buktinya sensual ini apa ya? Lihat saja untaian melati di rambut pengantin wanita Indonesia yang membuat hati pengantin pria jadi haru-biru. Nah, mungkin kesukaan pada wangi bunga ini sudah jadi turunan genetik kakek moyang pria secara banyak pria di kantor saya yang memang senang sekali dengan parfum yang mengandung aroma mawar dan melati. Tentunya, lengkap dengan komentar mereka masing-masing (yang kadang nyebelin, kadang saru) dalam mengungkapkan kegemaran itu. Belum lagi, kalau mendadak jadi ingin dekat-dekat. Ih, engga bgds deh..

Lalu, bagaimana dengan parfum beraroma musk? Sebenarnya wangi musk (alias: kesturi) adalah aroma tubuh yang dikeluarkan dari sejenis kijang jantan. Untuk mendapatkan musk yang asli, seorang kijang musk harus dibunuh untuk dikeluarkan kelenjarnya (musk pod) yang kemudian akan dicampur dengan alkohol agar aromanya keluar. Apakah hal ini legal? Huh, ya pasti engga bgds. Oleh karena itu, kita mengenal yang namanya White Musk yaitu sejenis musk yang diekstrak dari tumbuhan misalnya Angelica root. Dan, sekarang juga dikenal musk sintetis. Nah, yang sintetis ini saya setuju walau katanya, beberapa jenis musk sintetis ini dapat menyebabkan kanker. Duh..

Lalu, dalam hal per-parfum-an, kita seharusnya memilih yang mana? Wangi floral atau wangi musk?

Jawaban saya: tergantung occasion yang akan dijalani serta siapa orang yang akan menemani kamu :-). Misalnya:
a. Event: di kantor, sedang bekerja. Pakai parfum yang floral lembut donk.
b. Event: pacaran di bioskop gelap-gelapan.. Cihuy! Dah pasti menggunakan yang musk. A bit of teasing will leave a good impression, lho...
c. Event: interview pekerjaan baru. Pakai parfum floral sesedikit mungkin supaya yang meng-interview kita tidak pusyink...
d. Event: acara keluarga. Bila banyak tetua keluarga, pakailah yang aroma floral. Tetapi bila banyak yang muda, boleh menggunakan yang musk.
etc...

Acuan umum penggunakan parfum floral atau musk adalah:
a. Parfum beraroma floral: menenangkan, sesuai udara tropis, sesuai tradisi Indonesia, anggun, elegan, dewasa, acara malam hari, acara resmi, acara keagamaan dan...your own wedding :-), arisan ibu-ibu :-).
b. Parfum beraroma musk: saat nge-date sama gebetan baru atau suami lama (jiaah...), acara bareng teman, ke mall, having me time, acara santai, lagi bengong sambil baca buku, saat ingin merasa sensual dan seksi.

Oh, btw, saya pernah menghirup wangi musk yang maskulin, animalistic, seksi, menggairahkan, sweaty. Dan, itu parfum untuk pria, lho. Ga kebayang kalau ada yang memakai parfum pria seperti itu dekat saya, hahahaha.. Nama parfumnya apa? Stay tuned ya..

6 comments:

  1. Saya suka aroma GreenTea, adakah parfum dgn aroma itu utk pria?
    Thx,salam...

    ReplyDelete
  2. "Oh, btw, saya pernah menghirup wangi musk yang maskulin, animalistic, seksi, menggairahkan, sweaty. Dan, itu parfum untuk pria, lho. Ga kebayang kalau ada yang memakai parfum pria seperti itu dekat saya, hahahaha.. Nama parfumnya apa? Stay tuned ya.. "

    Parfum apa tuhh?? hehehe

    ReplyDelete
  3. Bahkan aroma tubuh doang udah menggoda 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. aroma tubuh yang bersih kan yang menggoda :-)

      Delete
  4. Power musk dan seductive musk by oriflame. Mau pesan silakan wa 08989169051

    ReplyDelete