Friday, May 25, 2012

Beda dan Daya Tahan antara Parfum, EDP, EDT dan Cologne

What is in parfum? Apa bedanya parfum, eau de parfum, eau de toilette dan eau de cologne?

Mari kita mulai dari awal sekali. Parfum berasal dari bahasa Perancis parfum yang berarti wewangian atau rasa. Parfum terdiri dari alkohol dan essential oil serta agen penstabil parfum. Essential oil dapat diganti dengan campuran kimia beraroma, atau bisa kita bilang: bibit parfum. Tetapi bukan bibit parfum yang dijual di toko refil parfum loh melainkan bibit parfum yang asli buatan seorang perfumist. Nah, para perfumist ini, yang biasanya bernaung di bawah suatu perusahan parfum, bertanggung jawab membuat komposisi serta konsentrat parfum sesuai target pasar yang dikehendaki. Mereka juga bertugas memilih apakah bahan yang digunakan adalah bahan alami ataukah sintetis yang mana hal ini tergantung dari keputusan marketing atas harga jual saat parfum tersebut diluncurkan.

Biasanya parfum diluncurkan dalam beberapa konsentrasi yaitu (diurutkan dari yang paling mahal hingga paling murah):
  • Parfum Extrait, Parfum: biasanya terdiri dari 15-40% konsentrasi senyawa aroma. Harganya relatif lebih mahal daripada konsentrasi lain serta lebih tahan lama. 
  • Eau de Parfum (EDP) : terdiri dari 10-20% konsentrasi senyawa aroma. 
  • Eau de Toilette (EDT) : terdiri dari 5-15% concentrate
  • Eau de Cologne atau lazim disebut Cologne saja: memiliki 3-8% senyawa aroma. Banyak parfum untuk pria diluncurkan dalam konsentrasi cologne ini.
Karena harga parfum extrait atau parfum lebih mahal, beberapa rumah parfum atau perusahaan pembuat parfum kerap hanya menggunakan real or natural essential oil untuk konsentrasi tersebut. Hal ini semata-mata karena harga natural essential oil sangatlah mahal. Sebagai informasi, beberapa rumah parfum bahkan sengaja tidak menggunakan natural essential oil karena penggunaannya sudah dilarang dengan alasan kesehatan.


Lalu, apakah macam-macam konsentrasi tersebut di atas berpengaruh terhadap daya tahan suatu parfum?

Sayangnya tidak selalu benar bila kita bicara tentang konsentrasi EDP, EDC dan Cologne karena daya tahan suatu parfum juga amat ditentukan oleh body chemistry si pemakai serta keadaan kulitnya. Misalnya, memang ada orang-orang yang dari sononya harus menyemprot parfum berkali-kali karena baunya cepat hilang dari badan. Tetapi, ada juga orang yang walaupun hanya menggunakan pelembab tubuh atau malah sabun mandi namun wanginya nempel sepanjang hari. Tambahan lagi, keadaan kulit seseorang juga menentukan, lho, karena parfum lebih tahan lama di kulit yang lembab dibandingkan dengan kulit yang kering.

Jadi, sebenarnya tidak ada panduan persis untuk menentukan berapa lama parfum menempel wanginya di badan bila misalnya kita memakai konsentrat EDP. Tetapi, secara umum, memang parfum extrait menempel lebih lama dan cologne relatif singkat.

Sebagai tambahan informasi, beberapa rumah parfum membedakan komposisi aroma antara parfum extrait, EDP dan EDT. Misalnya, parfum Jean Paul Gaultier Classique Woman, di kulit saya EDP terasa lebih fruity fresh dibandingkan dengan EDT-nya yang berasa floral.

Ok, sekian kabar dari saya dan semoga bisa terpakai saat kamu memilih parfum yang sesuai. Nah, menurut kamu bagaimana tulisan saya ini, apakah masih ada yang perlu ditambahkan? Please share yaaa...

xoxoxo

18 comments:

  1. Nice blog Mbak Montie, saya yg bukan penggemar parfum jd tertarik utk beli parfum :)
    mau nanya dikit nih, kalo beli parfum tester itu worthed gak?

    ReplyDelete
  2. hi Mba, makasiy ya atas comment-nya. menurut aku, worthed bgds klo beli tester selama benar-benar tester asli dan untuk dipakai sendiri. harga lebih murah tentunya. kecuali kalau untuk hadiah, kayaknya kurang ok siy.

    ReplyDelete
  3. mbak, beli parfum ori di indonesia di mana aja ya? saya cari diorissimo, di olshop ada yang nawarin, tapi koq sptnya abal2..

    ReplyDelete
  4. mbak, beli diorissimo ol di mana ya? pernah liat yang nawar2in tp sptnya abal2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah nyarinya juga sekarang siy, Cya, hihihi..

      Delete
  5. thanks Mbak Montie buat blog ini, jarang banget ada website ttg parfum buatan orng indonesia, jd bisa ngebantu buat TA saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi yohan, thanks ya dah mampir. semoga TA-nya suksess..

      Delete
  6. nice blog! ..kyk chanel no.5 ya mbak ada yg spray dan tidak tp yg tidak pake spray harganya bs 2x lipat lbh mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-) thanks infonya keira.. sebenarnya aku belum punya 1 botol pun Chanel No 5, hahahaha...

      Delete
  7. nice blog!!.
    seperti chanel no.5 ya mbak, ada yg pake spray dan ada yg tidak namun harga yg tidak pakai spray jauh lbh mahal :)
    jangan seperti dutyfree di KL, waktu ditest tanya kok pake spray namun dijawab: yes we are running out of the old packaging, but this is the new packaging. hahahahah

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya gan, ditunggu postingan berikutnya.

    Parfum Ori
    Arti edp, edt, edc.

    ----------

    ReplyDelete
  9. Nice artikel mbak Montie : )
    Mungkin bs dicoba parfum FM by Federico Mahora ori from Polandia,dalam pembuatannya bekerjasama dengan DROM.
    DROM adalah salah satu Perusahaan tertua untuk Produsen Aroma [Fragrance] di dunia dengan kualitas tinggi. DROM mempunyai proses"Pureganic" yang sangat revolusioner. Pureganic adalah proses yangmenjaga kemurnian "essensial oil"dengan menuai tumbuhan sesuai dengan petunjuk ekologi organik yang bebas dari pestisida,herbisida dan pupuk fertiliser.
    DROM memproduksi sekitar 85% dari esensi aroma dunia. DROM berpengalaman lebih dari 100 tahun menghasilkan wewangian untuk banyak Brand Parfum terkemuka di dunia aroma seperti Gucci dan Escada, dll
    Minat bisa PM saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks infonya sis.. klo segepok parfum aku dah habis, nanti aku coba yaaa..

      Delete
  10. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung. tentu boleh.

      Delete
  11. Terima kasih infonya mba.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    Apa itu parfum, EDP, EDT, EDC, dll.

    ----------

    ReplyDelete
  12. Ulasan yang menarik.
    Lumayan nambah ilmu tentang parfum. Btw good blog. keep posting ya :)

    Parfum Wanita yang disukai pria

    ReplyDelete