Friday, May 25, 2012

Apa itu Top Notes, Heart Notes dan Base Notes

Tulisan saya kali ini singkat saja. Sering kita bertanya-tanya kenapa parfum berubah-ubah aromanya seiring waktu pemakaian? Itu karena parfum dirancang memiliki komposisi sebagai berikut:
a. Top Notes: inilah wangi yang pertama kali tercium saat parfum disemprotkan. Wangi ini hanya bertahan beberapa jam saja sebelum tergantikan. Contoh Top Notes yang umum adalah aroma buah-buahan atau bunga yang ringan.
b. Middle / Heart Notes: inilah wangi yang tercium setelah Top Notes. Biasanya para perfumer menempatkan wangi bunga yang lebih berat dalam Heart Notes ini misalnya wangi sedap malam atau bunga kacapiring. Beberapa perfumer suka juga mencampurkan sedikit wangi berry dalam parfum terkini.
c.  Base Notes: wangi ini yang tercium setelah parfum lama digunakan di kulit. Biasanya terdiri dari wangi rempah, kayu, musk atau vanilic, dsb.



Sebagai tambahan tips parfum dari saya: jangan pernah membeli parfum hanya karena mencium dari botolnya atau dari karton sampel yang suka dikasih penjual parfum di mall karena wanginya sudah terdistorsi. Cobalah parfum di pergelangan kulit dan tunggulah beberapa jam hingga keseluruhan Top/Middle/Base notes parfum tersebut tercium dan bercampur dengan aroma tubuh kamu. atau lebih baik lagi hingga esok harinya. Dengan begitu, kamu jadi tahu apakah kamu benar-benar suka dengan parfum itu.

No comments:

Post a Comment